Pengertian Jaringan Client Server Kelebihan, Kekurangan Dan Tutorial Kerja (Lengkap)

Pengertian Jaringan Client Server: Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja (Lengkap)
Istilah client server sering kita dengar di dalam sebuah topologi jaringan. Namun sebenarnya apa sih itu server? Dan apa sih itu client? . Mungkin bagi anda yg berlatarbelakang pendidikan IT atau anda yg pakar pada bidang IT istilah tersebut sudah biasa didengar. Namun pastinya banyak orang awam yang belum mengetahui pengertian server itu apa serta client itu apa dan mungkin termasuk anda yang belum mengetahuinya. Maka dari itu admin akan mengulas artikel tentang pengertian server serta pengertian client secara lengkap. Simak ulasanya berikut adalah.


Pengertian Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan aneka macam macam jenis – jenis layanan tertentu yg di tunjukan buat buat client dalam sebuah sistem jaringan komputer. Server pula menggunakan sistem operasi khusus yang di buat buat mengontrol serta memonitor terhadap akses serta sumberdaya yg ada di dalamnya yg sering kali di sebut dengan sistem operasi jaringan.

Selain itu, perangkat server juga di dukung oleh hardware yg tinggi yaitu memakai processor yg bersifat scalable dan memakai memori RAM yang berkapasitas besar.

Selain itu, server juga bisa menjalankan perangkat lunak administratif yg bisa mengontrol dan memonitor terhadap akses jaringan PC dan asal daya yang ada di dalamnya. Misalnya seperti, menaruh akses kepada workstation anggota dari jaringan komputer yg saling terhubung. Maka jika kamu menjadi server kamu bisa mengetahui apa yang sedang di lakukan oleh client.


Pengertian Client

Client merupakan sebuah PC yg masih ada dalam sebuah jaring PC yang meminta serta menggunakan layanan serta sumber daya yang di sediakan oleh komputer server. Singkatnya, client merupakan pemakai layanan dari server. Sebenarnya, server serta client adalah sebuah sistem yg saling terkait dimana client meminta layanan dan server akan menyediakan layanan yg bisa di gunakan oleh client.

Berikut ini adalah contoh cara kerja client dan server :

Client memulai hubungan bersama server dengan meminta layanan yang di sediakan oleh server. Misal buat email, biasanya server akan menaruh layanan dalam bentuk mail reader. Dan buat web, sering kali server akan menyediakan layanan dalam bentuk browser.

Server akan menyediakan berbagai macam layanan tertentu yang di minta atau di butuhkan oleh client. Misal, Mail server akan mengirimkan email. Dan web server akan mengirimkan sebuah halaman web.


Kelebihan Jaringan Client Server

Terdapat beberapa kelebihan yg di miliki jaringan client server ini. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yg di miliki oleh jaringan client server.

1. Kontrol Terpusat

Berbeda dengan jaringan peer-to-peer dimana tidak ada pusat server yg akan mengatur client. Pada jaringan client server ini terdapat sebuah server yang akan mengatur dan mengontrol akses, resource, serta integritas data. Sehingga client yang tidak terhubung beserta server tak dapat mengganggu kegiatan di pada jaringan tadi.


2. Backup Terpusat pada Server

Selain berperan sebagai kontrol pusat, server pula dapat berfungsi sebagai pusat backup data pada client bersama cara mengatur sistem backup otomatis pada client. Dengan adanya sistem backup otomatis pada server tadi, maka akan menghindari dari kehilangan data jika terjadi perkara atau kerusakan pada harddisk client.


3. Skalabilitas

Kamu bisa beserta mudah buat menambahkan jumlah client atau server baru pada jaringan client server ini tanpa menyebabkan efek yg besar terhadap aktivitas jaringan.


4. Kemudahan Perawatan

Jaringan client server ini mempunyai perawatan yg sangat mudah. Kamu dapat memakai fitur remote akses, pada akhirnya kamu bisa melakukan perawatan tanpa harus berada di depan sistem.


5. Peningkatan Keamanan

Server memiliki kemampuan buat mengatur akses setiap data dalam client serta pula dapat mengatur hak akses data dari setiap komputer . Hal tadi bertujuan buat membatasi aktivitas user, sehingga mereka hanya bisa mengakses data yg menjadi hak mereka saja.


Kekuarangan Jaringan Client Server

Selain mempunyai kelebihan, tentu saja sebuah jaringan khususnya client server ini mempunyai beberapa kekurangan di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan pada jaringan client server.

1. Kegagalan Pada Pusat Kontrol

Jika menggunakan satu server dalam mengatur resources pada jaringan client server ini akan menyebabkan ancaman Single Point Of Failure (SPOF). Dimana apabila hal tadi terjadi, maka bisa mengakibatkan terhentinya semua kegiatan pada jaringan tadi.

Misalnya sebuah server tunggal menyimpan database username serta password client dalam sebuah jaringan. Nah apabila server mengalami masalah di atas, maka client tak dapat login kedalam jaringan tersebut sampai server balik pulih.


2. Biaya Pengeluaran

Jika di bandingkan dengan jaringan peer-to-peer tentu saja biaya pembuatan jaringan client server akan membutuhkan biaya yang lebih mahal. Karena pada proses pembuatannya, anda membutuhkan sebuah super komputer yg nantinya di jadikan sebagai server yg akan berperan sebagai pusat kendali pada jaringan tadi.

Berbeda dengan jaringan peer-to-peer yg tak perlu membutuhkan server khusus karena setiap komputer dalam jaringan tersebut bisa berperan menjadi client maupun server. Selain itu pada membentuk jaringan client server, kamu juga membutuhkan seorang teknisi yg pakar dalam bidang tadi khususnya pada membentuk serta menjaga server agar nanti dapat melayani client secara terus menerus.


3. Jaringan Lambat

Padatnya kemudian lintas pada jaringan client server bisa mengakibatkan jaringan menjadi lambat, pada akhirnya dalam melayani client, server akan menjadi lambat. Hal tersebut dapat terjadi apabila komputer client melakukan request data secara beserta – sama dalam waktu yang sama pada sebuah server.

Jika terjadi hal mirip dengan itu tentu saja akan sangat fatal karena akan mengakibatkan server menjadi crash serta down sehingga lalu lintas data pada jaringan tersebut akan lumpuh. Maka dari itu pada sebuah server akan di beri hukum batasan request dari sebuah client. Hal tersebut tentu saja buat menghindari masalah diatas atau mungkin buat menghindari serangan DDOS.



Nah, mungkin cukup sekian artikel singkat yang bisa saya sampaikan mengenai pengertian server serta client secara lengkap. Walaupun artikel ini singkat, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang belum memahami apa itu server serta client. Hingga jumpa di artikel selanjutnya, ingat share jika bermanfaat, terima kasih telah membaca.
Pengertian Jaringan Client Server Kelebihan, Kekurangan Dan Tutorial Kerja (Lengkap) Istilah client server sering kita dengar di dalam sebuah topologi jaringan. Namun sebenarnya apa sih itu server? Dan apa sih itu client? ...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats