8 Peluang Usaha Online Modal Kecil Yang Menjanjikan Di Zaman Modern

8 Peluang Usaha Online Modal Kecil yang Menjanjikan di Masa Depan
Flash & Reset Seiring dengan pesatnya peningkatan pengguna internet serta pula pertumbuhan ekonomi di Indonesia sekarang, perkembangan bisnis di Indonesia pula ternyata mengalami kenaikan yang cukup pesat. Pertumbuhan usaha ini terlihat sangat mencolok pada bidang usaha online serta juga usaha offline go online.

Selain di bidang e-commerce (jual beli via internet), usaha online pula mengalami pertumbuhan pesat di bidang teknologi informasi (TI). Media informasi yg dulunya melalui koran konvensional saat ini menjadi koran online mirip dengan; Tempo.co, Detik.com, TribunNews.com, Republika.co.id, Kompas.com, serta masih banyak lainnya.

Bisnis internet juga banyak digunakan oleh mereka yang mempunyai skill di bidang tertentu serta ingin membentuk uang dari keahliannya tersebut. Singkatnya berbagai peluang usaha online di tahun-tahun mendatang akan semakin terbuka lebar dan sanggup dilakukan oleh beberapa orang yg ingin berbisnis.

Siapa yang Bisa Menjalankan Bisnis Online?

Pengertian usaha online itu merupakan bisnis yang dipakai secara online, hanya mampu digunakan bila ada koneksi internet dan perangkat PC/ mobile. Jadi, setiap orang yang ingin menjalankan bisnis online wajib memiliki koneksi internet serta perangkat PC/ mobile.

Bisnis internet mampu dikerjakan oleh siapa saja, tidak perduli apa profesi Anda saat ini. Bahkan mereka yg masih gaptek (gagap teknologi) bisa belajar usaha online dan sukses jika serius menjalankannya.

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, apa ada usaha online yg sanggup menguntungkan pada jangka panjang? Berdasarkan pengalaman aku serta juga berita yang admin temukan tentang bisnis internet, berikut adalah adalah beberapa peluang bisnis online yg menjanjikan dengan modal kecil, serta enaknya lagi usaha ini bisa kita kerjakan dari tempat tinggal.


1. Bisnis Internet Menjual Produk Orang Lain

Menurut saya, bisnis yang satu ini merupakan satu dari jenis bisnis online yang paling menguntungkan saat ini. Alasannya merupakan, konsumen di Indonesia sudah banyak yg mulai beralih ke online, serta menjalankan usaha internet tak perlu modal besar lho, bahkan nyaris tanpa modal.

Keuntungan menjual produk orang lain (reseller/ dropshiper/ affiliate) merupakan kita tidak perlu pusing soal pengadaan barang yang akan dijual serta juga proses pengirimannya. Ada banyak toko online yang menawarkan program ini, tentunya kita pula harus mempelajari riwayat transaksi dari toko online tadi. Pastikan bahwa Anda bekerjasama beserta orang yg bertanggung jawab serta bisa dianggap.

Toko online yg memberikan program reseller serta dropship biasanya bersedia mengirimkan barang kepada pembeli dimana dalam kemasan barang tersebut nama atau toko online kita yang menjadi pengirimnya. Sehingga kita tak akan kehilangan pembeli tadi jika ingin melakukan pembelian di lalu hari. Produk yg dijual dengan cara reseller/ dropship sering kali merupakan barang berbentuk.

Selain menjual produk berbentuk fisik, kita sanggup menjual produk orang lain dalam bentuk digital mirip dengan ebook, video, dan membership. Biasanya program ini dianggap beserta affiliasi dimana kita menerima komisi sekian persen dari total harga produk digital yang berhasil kita jual melalui link affiliasi kita.

Anda sanggup menemukan aneka macam produk yg sanggup dijual di situs marketplace berikut:

Dropshipaja.com (produk fisik/ dropship)
Supplier.id (produk fisik/ dropship)
Cakning.com (produk fisik/ dropship)
Ratakan.com (produk digital/ affiliate)
Idaff.com (produk digital/ affiliate)
Tokopedia.com (produk fisik/ dropship)
Bukalapak.com (produk fisik/ dropship)


2. Bisnis Online Menjual Jasa Menulis Artikel/ Membuat Konten Website

Menjual jasa menulis adalah satu dari jenis usaha online yang paling laku di Indonesia sekarang. Alasannya, lantaran jaman sekarang banyak media blog/ website bermunculan dan membutuhkan penulis buat mengisi konten website tadi.

Konten website sanggup pada bentuk teks, gambar, dan video. Namun dari kebanyakan konten website yg aku lihat rata-rata memakai teks atau artikel. Jika Anda atau orang di kurang lebih Anda memiliki kemampuan pada menulis artikel, membuat video, serta gambar, maka peluang usaha online inilah yg harus Anda jalankan.

Selain konten dalam bentuk teks, konten video dan gambar logo juga lumayan banyak yg membutuhkan. Salah satu konten video dan gambar yg tak jarang dicari merupakan menciptakan video marketing dan juga gambar logo yg berhubungan bersama usaha yg akan dipasarkan.

Ada aneka macam pemilik website atau pemilik usaha yg tak memiliki waktu atau tidak mempunyai skill yg baik dalam membuat konten, logo, serta video buat website dan usaha mereka. Jika Anda berfokus ingin menciptakan usaha online di bidang bisnis jasa penulis artikel website, mereka inilah target market ideal Anda.

Bagaimana cara menemukan calon klien? Anda sanggup menemukan mereka di beberapa situs ini:

Sribulancer.com
Projects.co.id
Sribu.com


3. Usaha Online Menjual Jasa Pembuatan Website/ Blog

Usaha online yang satu ini sangat cocok bagi seorang yg memiliki kemampuan dalam membentuk sebuah website atau blog. Kita tidak perlu punya keahlian yang sangat hebat dalam menyusun kode-kode website dari nol lantaran sebetulnya ada banyak cara yang cukup gampang pada membangun sebuah website/ blog yg bagus.

Salah satu platform yang sangat gampang dipelajari serta diterapkan pada membentuk sebuah website/ blog merupakan WordPress. Pada WordPress, terdapat banyak sekali themes/ template yang siap pakai serta unik, baik yg gratis maupun yang berbayar dengan tampilan yang profesional.

Pada awalnya mungkin Anda merasa kurang sanggup menjalankan bisnis ini, namun bila Anda telah terbiasa menciptakan sebuah website/ blog yang bagus, tentu calon pembeli Anda tak akan berpikir lama buat menyewa jasa Anda. Dan perlu kita diperhatikan sebelum menjual jasa ini, usahakan kita juga mempunyai website bisnis bersama tampilan yang meyakinkan.

Bagaimana cara menemukan calon klien? Anda bisa menemukan mereka di situs marketplace berikut:

Sribulancer.com
Projects.co.id

Agar bisa menjalankan bisnis ini beserta baik tentunya Anda harus mempunyai rekanan penyedia domain dan hosting yang berkualitas. Untuk layanan ini, admin merekomendasikan Niagahoster.


4. Berbisnis Internet Menjadi Makelar Online

Berbisnis Internet Menjadi Makelar Online
Bisnis ini lumayan banyak dilakukan oleh pebisnis online. Seorang makelar merupakan orang atau sebuah perusahaan yg bertugas buat mempertemukan antara penjual sebuah produk/ jasa kepada calon pembeli. Tentunya buat menjadi seseorang makelar, kita wajib mempunyai jaringan serta kenalan yang cukup luas.

Dalam bisnis online, rasa percaya dari calon konsumen itu merupakan sesuatu yg sangat penting. Karena itu, sebaiknya kita perlu mengkaji latar belakang dari orang yg ingin kita pertemukan, baik si penjual maupun calon pembeli.

Beberapa usaha yg menggunakan jasa makelar online diantaranya; menjual website, menjual property, menjual jasa, dan lain-lain. Hal lain yang perlu kita perhatikan sebagai makelar online adalah pada hal penentuan harga produk/ jasa yg Anda berikan.

Sebaiknya jangan mengambil untung terlalu besar dan pula jangan terlalu kecil karena ini menyangkut keuntungan Anda dan juga rasa percaya dari klien Anda. Anda sanggup menemukan berbagai produk yang bisa dijual pulang di situs marketplace berikut:

Ciptaloka.com (jual kaos + desain)
Rumah123.com (jual beli property)
Olx.co.id (jual beli beragam produk)
Carmudi.co.id (jual beli mobil)


5. Menjual Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online

Bisnis ini sangat cocok jika Anda memiliki kemampuan atau keahlian yang sangat baik dalam bidang tertentu. Dalam artian Anda adalah seseorang expert di bidang yang Anda geluti.

Beberapa contoh buat bidang bisnis ini merupakan konsultasi SEO (search engine optimization) sebuah website, konsultasi pengembangan usaha, konsultasi perkara asmara, konsultasi pengobatan tradisional, konsultasi kesehatan, serta lain-lain.

Dulu, usaha jasa konsultasi dijalankan secara offline. Tetapi, sekarang bisnis di bidang jasa konsultasi sangat marak kita temukan di internet. Jadi, jika Anda punya skill atau keahlian di bidang tertentu maka keahlian tersebut mampu menjadi bisnis yg menguntungkan bila dipasarkan secara online.


6. Berbisnis MLM Secara Online

Banyak orang yg berpandangan miring terhadap usaha MLM, dan akan buru-buru menutup diri jika ada yang memperlihatkan bisnis MLM dalam mereka. Pada kenyataannya usaha ini sangat berpotensi dan memberikan keuntungan besar pada banyak orang.

Sebenarnya terdapat berbagai contoh bisnis MLM yang digunakan secara online membentuk keuntungan jangka panjang. Namun perlu diperhatikan bahwa tak semua usaha MLM memiliki potensi keuntungan bagi pelakunya.

Bisnis MLM online ABE Network dan Oriflame merupakan contoh bisnis MLM yang suskse besar dipakai secara online. Keberhasilan bisnis MLM online tersebut lantaran produknya memang bagus dan banyak dijalankan oleh rakyat. Selain itu, business plan yg ditawarkan oleh bisnis ini sangat menguntungkan bagi para membernya.

Selain ke 2 bisnis tersebut, terdapat beberapa usaha MLM lainnya yg mempunyai potensi usaha yang sangat bagus. Namun admin tak sanggup berkomentar banyak lantaran belum pernah menjalankannya.


7. Menjadi Blogger Profesional

Kalau model bisnis online yg satu ini pasti hampir seluruh orang bisa mengerjakannya. Ada banyak blogger yang mempunyai penghasilan yang fanstastis dari blog/ website yang dibangun. Saya pribadi sangat terinspirasi dari kisah sukses seseorang blogger dari Inggris, dimana awalnya blog WordPress-nya yg bertopik mengenai media sosial akhirnya menjadi sebuah situs besar beserta penghasilan mencapai empat ratusan ribu dollar lebih per bulan.

Kalau dirupiahkan penghasilannya merupakan empat miliar lebih per bulan. Nama situsnya merupakan mashable.com, awalnya dibentuk bersama CMS WordPress.org akan tetapi sekarang sudah dibangun bersama rubyonrails.org.

Penghasilan dari blog mampu berasal dari program PPC (pay per click) Google Adsense, space iklan, review produk, dan lain-lain. Untuk menjadi seseorang blogger tentunya bukan hal yang sangat sulit bukan? Saya sendiri dalam awalnya tidak begitu suka menulis dan menciptakan artikel, bahkan pada awal pembuatan blog ini, hampir 3 bulan blog ini tak ada konten sama sekali hehehe.

Akhirnya aku coba-coba, dan tadaaaa… saat ini artikel aku telah lumayan banyak.



8. Bisnis Offline Go Online

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, model usaha offline juga sanggup dipasarkan secara online untuk menaikkan penjualan dan branding. Ada banyak pengusaha bisnis UKM yang berhasil membuatkan bisnisnya dan menerima keuntungan berlipat ganda setelah memasarkan bisnisnya secara online. Tentu saja harus terdapat sebuah usaha atau produk yg akan dijual.

Sebenarnya buat membuat bisnis offline kita dipasarkan secara online tidak membutuhkan modal yg besar. Yang pasti kita akan membutuhkan sebuah website serta pula media sosial sebagai pendukung marketing online yang dilakukan.

Beberapa contoh bisnis offline go online:

Berjualan sayur via marketplace
Memasarkan rendang via YouTube
Menjual camilan via Instagram
Menjual sepatu via Facebook
Memasarkan bawang goreng via Google Ads
Dan lain-lain

Selain yg disebutkan di atas, tentu terdapat banyak ide usaha online yang bisa dijalankan dari tempat tinggal. Dalam menjalankan usaha online tadi, tentunya kita harus mempunyai perangkat komputer serta akses internet yg baik. Untuk media promosi, kita mampu memanfaatkan media sosial, blog pribadi, media iklan, email marketing, dan lain-lain.

Sebagai penutup, aku ingin membicarakan bahwa bisnis online harus disertai dengan kemampuan pada melakukan pemasaran yang efektif. Di bawah ini merupakan salah satu contoh video marketing. Di dalam video tersebut dijelaskan tentang pentingnya pemasaran secara online buat menaikkan merk dan keuntungan bisnis. Lihat videonya.
8 Peluang Usaha Online Modal Kecil Yang Menjanjikan Di Zaman Modern Flash & Reset Seiring dengan pesatnya peningkatan pengguna internet serta pula pertumbuhan ekonomi di Indonesia sekarang, perkembang...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats