Ide Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan & Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan dari Rumah
Sekarang ini terdapat berbagai peluang bisnis baru bermunculan dan menelurkan banyak wirausahawan baru di Indonesia. Tidak hanya pengusaha berskala besar akan tetapi juga pengusaha kecil dan menengah, bahkan bisnis kecil menengah sekarang mengalami pertumbuhan yg sangat pesat. Munculnya berbagai peluang usaha dengan modal kecil menciptakan orang buat mencoba membentuk usahanya sendiri.

Cukup banyak pengusaha kecil menengah tak hanya membuka toko yang ada fisiknya, tetapi toko virtual di internet yang dapat menjangkau orang lebih banyak lagi. Bahkan beberapa pengusaha online yg saya kenal mempunyai penghasilan yg sangat fantastis.

Ada beberapa calon pengusaha menetapkan buat mundur ketika menemukan hambatan saat memulai sebuah bisnis, padahal peluang usaha yang menjanjikan itu telah terdapat di depan mata. Masalah klasik yang tak jarang kita dengar adalah kurangnya modal awal buat memulai bisnis mereka.

Solusinya adalah menentukan peluang usaha dengan modal kecil yg memang sudah terbukti menguntungkan.

Memilih Peluang Usaha beserta Modal Kecil

Kalau kita bicara bisnis modal kecil berarti kita memang tetap punya modal yang cukup buat memulai bisnis tersebut. Walaupun jumlahnya terbatas kita tetap harus mengeluarkan uang. Selain itu kita juga wajib punya modal non-materil seperti pengetahuan tentang usaha yg akan dijalankan (ini sanggup dipelajari), modal kemauan & usaha yg keras.

Apakah kekurangan modal menjadi penghambat bagi Anda untuk memulai usaha yang diinginkan? Tentu saja tak! Manfaatkan aneka macam usaha kecil yang menguntungkan yang sanggup digunakan meski bersama modal yang minim lantaran sebetulnya terdapat berbagai peluang bisnis modal kecil di lebih kurang kita.

Berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha bersama modal kecil yg sering digunakan oleh para pengusaha kecil serta menengah:


A. Peluang Usaha Offline Dari Rumah

Ada berbagai peluang usaha beserta modal kecil yang mampu dikerjakan dari tempat tinggal. Kita dapat melakukan seluruh proses menjalankan usaha dengan baik tanpa harus menyewa lokasi. Walaupun begitu kita wajib mempertimbangkan market yang terdapat di sekitar kita, apakah akan ada orang yang membutuhkan produk yang kita jual di sana? Berikut ini adalah beberapa usaha modal kecil yg mampu dikerjakan di tempat tinggal secara offline:


1. Membuka Usaha Jasa Menjahit
Banyak orang yg ingin menjahitkan pakaiannya beserta model dan ukuran tertentu, terutama mereka yg mempunyai tubuh yg agak gemuk atau terlalu kurus.

Nah, mereka ini pasti selalu mencari jasa penjahit pakaian yang mampu membuat pakaian yg sesuai dengan bentuk tubuh mereka. Peluang bisnis yg satu ini sangat cocok buat orang yang memiliki minat dalam dunia fashion, tentunya Anda wajib mempunyai kemampuan dalam menjahit dan mendesain pakaian.

Selain buat membuat pakaian baru, jasa menjahit sering juga diperlukan oleh mereka yang ingin mengecilkan pakaian yg terlalu besar, atau sekedar memasang atribut tertentu di pakaian mereka. Seperti kita ketahui, banyak sekali orang membeli pakaian (baju/ celana) yang modelnya sedang hits, namun ketika akan dibeli ternyata ukurannya terlalu besar. Nah, buat mengecilkan pakaian tersebut, si customer tentu akan mencari jasa penjahit yang bisa mengecilkan pakaian tersebut.


2. Menjalankan Bisnis Kuliner
Kalau Anda memiliki resep kuliner yg unik atau mampu menciptakan snack yang digemari banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan peluang usaha di bidang masakan.

Peluang bisnis yang menjanjikan ini sangat cocok buat mereka yg sangat senang dunia masakan. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnisnya semakin berkembang dan membuka cabang di lokasi lain.

Kisah orang-orang sukses di usaha ini mampu dibaca di topik mengenai bisnis masakan.

Perlu diketahui juga bahwa usaha kuliner adalah satu dari model usaha yang tak akan pernah merasakan kemunduran. Mengapa? Karena kuliner atau kuliner merupakan kebutuhan pokok manusia. Walaupun saat ini sudah banyak kita temukan aneka macam jenis bisnis kuliner, tetap saja akan muncul jenis usaha masakan lain bersama tampilan dan kemasan yang berbeda.

Model usaha ini pula sanggup dijalankan beserta modal yang relatif kecil lho. Dan apabila Anda tidak punya keahlian dalam dunia masakan namun sangat ingin mempunyai sebuah bisnis makanan, maka Anda mampu mempertimbangkan buat membeli bisnis waralaba makanan dengan modal yang kecil, misalnya waralaba kuliner camilan. Salah satu usaha franchise makanan ringan yg sanggup Anda pertimbangkan merupakan usaha waralaba gorengan karena banyak peminatnya.


3. Bisnis Menjual Pulsa Elektrik
Memulai usaha jual pulsa saat ini sesungguhnya cukup gampang dan murah, hanya bersama modal awal Rp 100.000 – Rp 300.000 kita telah mampu mulai menjalankan usaha ini, mampu dikerjakan di mana saja serta siapa saja.

Bila Anda adalah seorang yg aktif dalam sebuah network, organisasi di mana anggotanya lumayan banyak, atau anak kuliahan, maka peluang usaha berjualan pulsa mampu sangat menguntungkan lho karena kita sanggup menjualnya dalam sahabat-teman yang berada di network, organisasi, dan kampus.

Namun, untuk menjalankan usaha pulsa elektrik butuh keseriusan serta taktik pemasaran yg baik lantaran saat ini persaingan jual pulsa elektrik sudah cukup ketat. Dan untuk memulai, maka Anda wajib mendaftar menjadi agen jual pulsa elektrik di beberapa Distributor pulsa elektrik, mirip dengan: Pulsa-Online.com, Venuspulsa.com, Istanareload.com, Centerpulsa.com, serta lain-lain.

Ada beberapa saran jitu yang mampu dilakukan agar mampu berhasil menjalankan bisnis pulsa elektrik, diantaranya merupakan:

a. Mendaftarlah menjadi agen pulsa pada distributor pulsa terpercaya
b. Jangan mengambil untung terlalu besar
c. Jangan berikan kesempatan orang buat nge-bon pulsa
d. Promosi bersama memperhatikan etika, baik itu melalui media sosial ataupun media lain
e. Pertahankan menaruh pelayanan yang baik dalam seluruh pelanggan


4. Peluang Usaha Membuka Les Private/ Kursus
Menjual keahlian dengan cara mengajari orang lain keahlian kita ternyata mampu menjadi salah satu peluang bisnis yg menjanjikan lho.

Bila kita mempunyai kemampuan dalam bidang tertentu, contohnya; keahlian bermain gitar, keahlian membuat website, desain, bahasa Inggris, komputer, serta lain-lain, kita bisa menaruh les private atau kursus di rumah atau sanggup juga dilakukan di tempat lain tergantung kondisi.

Uniknya, saat ini menjalankan usaha les private atau kursus ini sanggup dilakukan secara online via internet. Di Indonesia sendiri saat ini sudah lumayan banyak startup usaha yang menaruh kemudahaan buat les private/ kursus secara online. Salah satu dari sekian banyak startup tadi adalah SekolahPintar.com.

Jadi, Sekolahpintar.com menjadi media penghubung antara pengajar serta siswa yg ingin belajar secara online. Materi pelajarannya pada bentuk video yg mampu langsung ditonton oleh para murid. Selain itu, mahasiswa serta pengajar pun sanggup berinteraksi tanya-jawab jika terdapat materi yg ingin dibahas lebih detail.

Nah, bagi Anda yg punya ilmu atau keahlian khusus tentunya ini adalah sebuah peluang bisnis yg menjanjikan, bahkan bisa digunakan bersama modal yang sangat minim. Yang perlu Anda lakukan merupakan menciptakan materi pelajaran yang sesuai beserta bidang keahlian Anda, mendaftar menjadi pemateri/ guru di Sekolahpintar.com, serta upload materi pelajaran.

Yang pasti kita harus menghubungi pihak Sekolahpintar.com, karena seluruh bahan ajar yang akan dijual di sana wajib atas seijin mereka. Kalau Anda tertarik, bisa mencoba menjadi guru private online di Sekolah Pintar.


5. Membuka Warung atau Toko Sembako
Memang peluang usaha membuka warung/ toko sembako (sembilan bahan pokok) sangat potensial karena pasti akan selalu dicari warga . Tetapi, usaha ini telah lumayan banyak yg menjalankannya, karena itu kita usahakan melihat tingkat persaingan yang terdapat, tempat, dan pula modal yg dimiliki.

Kita pula perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan menjalankan model bisnis ini lantaran tidak semua orang cocok dalam menjalankan bisnis warung sembako. Peluang usaha yg menguntungkan ini membutuhkan perhatian berfokus, ketelitian, serta membutuhkan keberadaan pemilik bisnis monoton, sehingga mau tak mau Anda harus turun tangan sendiri agar warung sembako sanggup berjalan bersama baik.


6. Peluang Bisnis Jasa Desain, Editing Foto, dan Percetakan
Peluang bisnis yang satu ini sangat cocok buat mereka yang punya keterampilan serta kreativitas pada mengolah gambar dan desain. Tentunya kita harus mempunyai kemampuan dalam memakai satu dari software editing foto, seperti: CorelDraw, Photoshop, serta software lainnya.

Untuk membuka sebuah bisnis di bidang jasa design, percetakan digital atau digital printing, Anda tak harus punya modal yg besar lho. Bahkan Anda sanggup mulai berbisnis tanpa modal materiil beserta cara menjual jasa tersebut memanfaatkan layanan dari beberapa situs seperti; Ciptaloka.com, Sribu.com, Sribulancer.com, blazbluz.com, Projects.co.id, serta lainnya.

Di Ciptaloka.com contohnya, Anda bisa menjual jasa print kaos bersama desain khusus yang sudah Anda ciptakan. Jadi, orang bisa memesan kaos beserta desain tertentu melalui Anda, lalu sesudah customer membayar pesanan, Anda sanggup memesan kaos beserta desain Anda tersebut melalui Ciptaloka. Dengan cara seperti ini, tentunya akan sangat membantu mereka yg belum punya modal untuk membangun perusahaan percetakan akan tetapi ingin segera berbisnis.


7. Peluang Usaha Membuka Jasa Laundry
Kalau kita perhatikan bisnis laundry ini semakin banyak serta semakin beragam layanannya, bahkan ada yang memperlihatkan buat menjemput pakaian yg akan di-laundry. Dan bisnis laundry biasanya akan sangat laris jika berlokasi di dekat kampus, kost-kostan.


Bila Anda merasa bisnis ini cocok dengan Anda maka usahakan Anda segera melakukannya lantaran usaha ini akan selalu dicari oleh banyak orang.

Ada beberapa berita yg wajib kita perhatikan apabila ingin sukses di usaha laundry;

a. Perhatikan sasaran market. Sebelum membuka usaha jasa laundry kita harus tahu dulu siapa target market yg akan sering kali menggunakan jasa laundry yg ditawarkan. Biasanya orang yang sering menggunakan jasa laundry adalah murid, pekerja kantoran yang masih bujangan. Tapi tak menutup kemungkinan pelanggan berasal dari segmen yg tidak sinkron, misalnya ibu tempat tinggal tangga.

b. Modal merupakan faktor penting yg harus diperhatikan. Bukan hanya modal materiil akan tetapi pula pengetahuan mengenai usaha laundry, kemampuan manajemen, dan jaringan bisnis.

c. Lokasi usaha laundry pula menjadi faktor penentu keberhasilan di bisnis ini. Usahakan membuka bisnis laundry di lokasi yg cukup ramai, misalnya di lebih kurang perkantoran, perumahan, asrama, atau kost-kostan.

d. Memilih serta membina karyawan pula tak bisa disepelekan. Jika Anda akan mempercayakan operasional usaha laundry kepada karyawan, pastikan bahwa karyawan tadi sudah mempunyai pengetahuan yang cukup baik.

e. Yang terakhir adalah proses pemasaran serta promosi. Selain memakai media offline buat promosi (contohnya banner, brosur, pamflet), pertimbangkan pula untuk menggunakan promosi via internet (misalnya promosi di Facebook).


B. Peluang Usaha Bisnis Online Dari Rumah

Bisnis online sangat cocok bila dikombinasikan bersama bisnis offline yg kita miliki. Misalnya kita punya toko yg menjual furniture cantik, nah kita sanggup menjual furniture kita itu secara online, dan tentunya pasarnya akan semakin luas karena usaha Anda mampu dijangkau lebih banyak orang via internet.

Namun, jika kita tidak mempunyai usaha offline, kita tetap mampu membentuk sebuah bisnis secara online. Berikut ini merupakan beberapa peluang usaha online yang bisa dikerjakan dari tempat tinggal dengan modal kecil:

1. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)
Ini adalah model usaha yang sangat banyak dipakai oleh internet marketer baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Untuk menjalankan usaha afiliasi, kita tidak wajib mempunyai produk, akan tetapi kita bisa menjual produk orang lain melalui internet, baik itu melalui blog, social media, email marketing, dan lain-lain.

Kita mendapatkan komisi sekian persen dari total harga barang yang dijual. Produk yang dijual pun bermacam, terdapat produk berbentuk fisik, berbentuk digital, serta juga berbentuk membership.

Keunikan dari bisnis afiliasi ini merupakan, kita tak perlu repot mengurus hal-hal yang berhubungan bersama pembuatan produk, packing produk, serta pengiriman produk. Kita hanya perlu mempromosikan link khusus yang dihasilkan dari vendor (pemilik produk). Jika link tersebut di-klik oleh seorang serta orang tersebut melakukan pembelian dari link affiliate milik kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Untuk program afiliasi lokal yang admin rekomendasikan merupakan;

A. Produk Fisik

a. Lazada.com
b. Bhineka.com
c. Blibli.com

B. Produk Digital

a. Ratakan.com Marketplace
b. Idaff.com Affiliate Marketplace


2. Bisnis Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)
Memiliki sebuah toko online sekarang telah sangat gampang. Bisnis online shop mampu dipakai oleh orang yg mempunyai toko offline dan ingin menaikkan penjualan beserta cara menjual secara online. Dan bisnis ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tak mempunyai produk, yaitu dengan cara bergabung dengan supplier atau pembuat yg memperlihatkan sistem dropship atau reseller.

Untuk memulai bisnis online shop tentunya Anda harus punya toko online. Sebenarnya tidak sulit untuk menciptakan toko online, tutorialnya mampu kita dapatkan di internet. Setelah lanjutnya merupakan mencari penghasil produk atau mitra kerjasama yg menaruh layanan reseller atau dropship. Setelah diterima menjadi mitra, kita sanggup mulai memposting produk di toko online dan mempromosikan toko online tadi.

Ada beberapa produsen yang admin rekomendasikan buat diajak kerjasama;

Cakning.com
Suplier.id
Komisian.com
Dropshipaja.com


3. Bisnis Online Dengan Membangun Blog/ Website Portal
Membangun blog/ website sanggup menjadi satu dari model usaha yg sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Semakin meningkatnya pengguna internet dan smartphone menjadi indikator bahwa media blog/ website ke depannya akan semakin banyak trafik, tentunya sesuai beserta niche blog/ website yg dibangun. Inilah yang sanggup kita jadikan peluang bisnis dengan modal kecil.

Coba perhatikan halaman website yg linknya tak jarang bertebaran di Facebook serta Google (misalnya Merdeka.com, Kompas.com, Alodokter.com, Viralnova.com, Cerpen.co.id, dan lain-lain) di dalam laman website itu kita mampu melihat adanya iklan Google Adsense. Kebanyakan blog serta website portal ini me-monetize websitenya dengan program PPC (pay per click), khususnya Google Adsense.

Program PPC ini sangat cocok buat mereka yg memiliki web atau blog dengan trafik pengunjung yang tinggi. Salah satu model bisnis jaringan iklan merupakan beserta mengikuti program PPC (pay per click) seperti Google Adsense, Bidvertiser, Kliksaya, Kumpulbloger, serta lain-lain. Selain iklan PPC, model bisnis iklan yg lain adalah iklan mandiri, yaitu dengan cara menawarkan space iklan dalam blog Anda beserta harga yg sudah dipengaruhi.

Penghasilan dari blog/ website yang memasang iklan PPC maupun iklan mandiri tak bisa dipercaya remeh lho. Banyak sekali blogger dan pemilik website yg mendulang uang dari iklan di blognya, mulai dari puluhan juta rupiah, ratusan juta rupiah, sampai miliaran rupiah. Salah satu blogger yang memiliki penghasilan fantastis dari blognya merupakan Linda Ikeji. Blogger asal Nigeria ini diperkirakan menerima milliaran rupiah per bulan dari blognya.


4. Peluang Usaha Menjadi Penulis Lepas
Saat ini lumayan banyak lho freelancer yang menjalani profesi sebagai penulis lepas, baik itu menulis artikel bahasa Inggris ataupun menulis artikel bahasa Indonesia. Untuk artikel bahasa Inggris biasanya tarifnya lebih mahal daripada artikel bahasa Indonesia. Ada beberapa tempat yg dapat dijelajahi buat mendapatkan job dari orang yang sedang mencari penulis artikel, contohnya: Fiverr.com, Ads.id, Projects.co.id, Sribulancer.com, dan masih banyak lagi.

Mengapa banyak orang berprofesi sebagai penulis lepas? Masih berhubungan dengan model bisnis online di point 3, yaitu usaha online beserta menciptakan blog/ website portal. Biasanya blog/ website yg telah mulai banyak visitor akan membutuhkan energi penulis artikel buat mengupdate konten. Semakin banyak konten yang dibangun, maka peluang buat menerima trafik pula akan semakin besar. Itulah sebabnya mengapa penulis lepas tak jarang dicari oleh para pemilik blog/ website.

Namun, Anda wajib selektif buat mendaftar sebagai penulis lepas karena tidak jarang pemilik blog/ website yang hanya mau membayar penulisnya dengan rate yang sangat rendah. Rate yang rendah tadi menciptakan para penulis tidak bersemangat buat membentuk konten yg baik. Tentukanlah rate yg Anda inginkan semenjak awal, sesuaikan beserta tingkat kesulitan topik konten dan kualitas tulisan Anda.


5. Menjual Jasa Web Developer
Ada banyak jasa yg sanggup dijual secara online. Salah satunya merupakan jasa membuat website/ blog profesional atau yang tak jarang diklaim dengan web developer. Peluang bisnis yg satu ini menurut admin sangat potensial karena tak banyak orang yang bisa membuat website profesional untuk usaha mereka.

Tentunya buat menjadi seseorang web developer dibutuhkan skill yang mumpuni agar mampu membentuk sebuah blog/ website yg profesional. Sebenarnya buat menciptakan website tak terlalu sulit, kita mampu memakai platform WordPress dengan tema yg sesuai beserta niche website. Namun, jika Anda ingin menjadi web developer yang sesungguhnya, maka Anda perlu belajar dasar-dasar pembuatan website yang baik. Tempat belajar membuat website yang saya rekomendasikan adalah BabaStudio.


6. Bisnis MLM Online
Ini adalah usaha Multi Level Marketing yg dipakai secara online. Tidak seperti usaha MLM konvensional yg sering kali menyita waktu dan energi buat aktivitas pertemuan, follow up calon member, serta pembelian barang, semua proses itu sanggup dilakukan secara online.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tak semua bisnis MLM punya sistem yg baik, pastikan usaha MLM online yg Anda ikuti punya produk serta sistem yg bagus serta menguntungkan. Peluang bisnis yang satu ini selalu mampu menciptakan jutawan dan miliarder baru, tentu saja mereka adalah beberapa orang yang mau bekerja keras.



Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak peluang bisnis dengan modal kecil yg mampu kita kerjakan dari tempat tinggal. Tapi tentu saja artikel ini akan sangat panjang bila menuliskan semua daftarnya. Satu hal yg perlu kita jangan lupa bahwa walaupun bisnis atau usaha yg dipakai bersama modal kecil, bukan berarti keuntungan yg akan dihasilkan kecil juga.

Buktinya merupakan usaha kenalan admin itu, dia tak punya produk sendiri, bersama modal yang kecil beliau menjalankan usaha dropship, tapi penghasilan yang di dapatkan luar biasa, bahkan lebih besar dari honor seseorang manajer Bank. Visi serta misi, semangat serta kerja keras yg dilakukan secara terus menerus tentu akan menaruh yang akan terjadi yg maksimal, bahkan bisa saja melebihi impian Anda.

Semoga artikel ini menginspirasi.
Ide Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan & Bisa Dikerjakan Dari Rumah Sekarang ini terdapat berbagai peluang bisnis baru bermunculan dan menelurkan banyak wirausahawan baru di Indonesia. Tidak hanya pengusah...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats