4 Tips Gampang Memulai Bisnis Sewa Apartemen

4 Tips Mudah Memulai Bisnis Sewa Apartemen
Flash & Reset - Hai sobat Top21, berjumpa kembali dengan saya admin ganteng, tentunya hanya di blog Flash & Reset. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips sederhana untuk anda yang ingin terjun kedalam dunia properti, khususnya Apartemen.

Tentu kita sudah tahu bagaimana prospek dari bisnis properti, apalagi Apartemen. Semua manusia tentu butuh yg namanya tempat tinggal. Namun ada cukup banyak jenis tempat tinggal, dari tempat tinggal, kontrakan, kos-kosan, villa, hingga apartemen.

Rumah merupakan bentuk properti yg paling utama serta yg paling di dambakan setiap orang buat mereka tempati. Tetapi terdapat beberapa hal yang menciptakan beberapa orang ke cara lain lainnya, antara lain:
  • Biaya tanah yang mahal
  • Biaya material pembangunan
  • Biaya pembangunan


Maka dari itu, orang-orang memilih ke cara lain tempat tinggal lainnya seperti kontrakan, serta sebagainya.

Namun disini kita akan lebih fokus buat mengulas hunian berupa Apartemen. Kenapa Apartemen?

Berdekatan beserta lokasi kerja

Bagi anda yang bekerja di kota besar tentunya jeda antara lokasi kerja ke tempat tinggal menjadi suatu perseteruan tersendiri, jadi tinggal di Apartemen tentu sangat cocok, karena pada dasarnya Apartemen juga terletak tak jauh dari lingkungan tempat kerja anda.


Harga relatif lebih rendah

Harga apartemen relatif lebih rendah dibandingkan bersama tempat tinggal tapak. Sebab, konsumen apartemen hanya membeli bangunan saja. Sementara konsumen rumah tapak membeli bangunan bersama lahan atau tanahnya.


Tak direcoki tetangga

Bagi Anda yg biasa risih dengan recokan tetangga, maka memilih tinggal di apartemen adalah pilihan tepat. Kebanyakan para penghuni yang tinggal di apartemen biasanya tak mau ikut campur urusan tetangganya. Berbeda beserta tinggal di tempat tinggal tapak, sering kali sebagian para tetangga ingin serba tahu urusan orang lain.


Keamanan cukup maksimal

Tinggal di apartemen sejauh ini memang cukup aman. Lantaran, personel keamanan yg boleh dibilang cukup maksimal selama 24 jam. Selain itu, biasanya pula pihak pengelola apartemen memasang CCTV di setiap area.


Fasilitas lumayan banyak

Tinggal di apartemen pula mempunyai kelebihan dari segi fasilitas antara lain kolam renang, lobi, lapangan tenis, taman hingga arena bermain anak.

Nah, dilansir dari Worldmeters, sekarang jumlah penduduk di Indonesia tengah menduduki peringkat keempat dari total populasi dunia, yakni sebesar 269 juta jiwa. Dari jumlah tadi, sebesar 56%-nya atau 150 juta jiwa merupakan warga urban yg tinggal di kota-kota besar.

Dengan jumlah penduduk sebesar itu, tidak mengherankan apabila properti bisa menjadi ladang usaha yg menggiurkan. Tingginya permintaan akan lokasi tinggal menciptakan banyak pengembang berlomba-lomba untuk membangun hunian terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan hidup masyarakat urban.

Apartemen adalah hunian primadona di perkotaan yg sekarang banyak peminatnya. Banyak orang tertarik buat menyewa apartemen di Jakarta serta kota-kota besar lainnya karena kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan. Dengan segudang daya tariknya, apartemen dapat menjadi usaha properti yg sangat menjanjikan.

Mengapa Bisnis Sewa Apartemen?


Tips Memulai bisnis sewa apartemen

Jika Anda merupakan orang yg menginginkan pemasukan bulanan stabil, cepat serta minim resiko, maka usaha sewa apartemen adalah jawabannya. Bisnis sewa apartemen pula cocok bagi Anda yang telah atau segera pensiun, lantaran tidak perlu banyak bisnis buat menyewakan apartemen Anda, terlebih bila Anda memakai jasa pihak ketiga. Faktanya, banyak orang yg bergantung pada pemasukan sewa bulanan apartemen buat membayar tagihan pada waktu mereka pensiun.

Resiko bangkrut bagi pemilik apartemen kemungkinannya nyaris tidak ada. Anda mungkin pernah mendengar keluhan-keluhan pemilik apartemen pada menyewakan apartemen mereka, namun jarang dari mereka yg akhirnya menetapkan buat menjual apartemennya.

Banyak jalan keluar bagi pemilik, jika apartemen mereka tak laris-laku tersewa. Bisa beserta menggunakan jasa agen properti atau mengiklankan unit secara gratis di website properti, misalnya Jendela360. Tidak hanya diiklankan, beberapa perusahaan properti seperti Jendela360 bahkan mau repot-repot mengurus kontrak sewa-menyewa antara pemilik serta penyewa yang biasanya ribet diurus. Mereka juga rela mendekorasi unit secara gratis agar cepat tersewa.

Resiko yang lebih banyak dihadapi oleh pemilik apartemen kemungkinan datang dari pihak yg ingin menyewa apartemen di Jakarta atau kota lainnya. Pertama, terdapat kemungkinan menunggak dalam pembayaran sewa. Kedua, penyewa yg tak bertanggung jawab sanggup membentuk kerugian, bila mereka hingga menghancurkan fasilitas unit. Oleh karenanya, penting buat menyeleksi penyewa sebelum menandatangani kontrak.


Tips Ketika Memulai Bisnis Sewa Apartemen

Meskipun minim resiko, bisnis sewa apartemen tetap tidak bisa dianggap remeh. Sama seperti bisnis lainnya, pemasukan dari usaha sewa apartemen akan semakin kecil bila resiko yang Anda pilih juga minim. Jika Anda ingin menerima pemasukan maksimal dari usaha ini, tips-tips berikut akan sangat membantu Anda.


1. Mencari Lokasi Apartemen yang Strategis

Sebelum memutuskan buat membeli unit apartemen buat disewakan, penting buat memilih lokasi yg strategis terlebih dahulu. Banyak orang yg memutuskan buat menyewa apartemen di Jakarta karena lokasinya yg dekat bersama tempat kerja, universitas, atau pusat perbelanjaan.

Lokasi bisa menjadi nilai jual utama dari suatu apartemen. Bahkan, apartemen yg fasilitasnya biasa saja sekalipun, harga sewanya mampu melambung tinggi jika terletak di pusat-pusat usaha.

Faktor-faktor lain yg perlu dipertimbangkan ketika menentukan lokasi apartemen Anda yaitu:
Lingkungan yg kondusif. Pastikan apartemen Anda tak berada di wilayah yg seringkali konflik atau tingkat kriminalitasnya tinggi.

Tingkat Kebisingan yg Rendah. Apartemen yg lokasinya dekat bersama bandara atau jalan besar memang dapat menjadi nilai tambah. Akan tetapi, pastikan bunyi-suara bising dari tempat tersebut tidak terdengar hingga unit apartemen Anda, lantaran tentu dapat menyebabkan ketidakpuasan penghuni.

Akses Mudah ke Perkantoran. Apartemen yang lokasinya dekat kantor seringkali laku lebih cepat ketimbang apartemen yang berada jauh dari perkantoran. Apartemen Puri Orchard merupakan misalnya. Karyawan perusahaan Orang Tua tidak jarang melirik tempat ini apabila ingin menyewa apartemen di Jakarta, karena lokasinya di belakang kantor.

Kedekatan dengan Pusat Perbelanjaan. Pusat perbelanjaan bisa memudahkan penghuni apartemen dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Oleh karena itu lebih disukai.


2. Menentukan Target Pasar

Agar bisnis sewa apartemen lebih terarah, Anda perlu menentukan siapa target pasar Anda secara spesifik. Misalnya saja secara awam, Anda menarget penyewa lokal atau ekspatriat? Jika Anda menarget penyewa ekspatriat, pertimbangan tempat apartemen dekat lokasi wisata dan tempat kerja kedutaan besar mungkin perlu ditambahkan.

Anda yg menargetkan penyewa lokal mampu memerincinya lagi hingga menjadi terperinci. Contohnya buat penyewa lajang atau telah menikah? Penyewa lajang biasanya tak membutuhkan banyak ruang, jadi unit studio ataupun 1BR cocok buat mereka. Sedangkan penyewa yang telah menikah, apalagi sudah memiliki anak, lebih cocok buat tinggal di unit 2BR atau 3BR, lengkap beserta fasilitas-fasilitas yang ramah anak di apartemen.


3. Merenovasi Apartemen

Apakah renovasi apartemen itu penting dalam bisnis sewa properti? Tentu! Apartemen yang telah direnovasi akan terlihat lebih menarik dibanding apartemen yang disewakan apa adanya. Apabila Anda membeli unit yang unfurnsihed, akan lebih baik jika Anda melengkapinya dulu dengan furniture, sebelum disewakan.

Ini akan menarik perhatian penyewa yg menginginkan kepraktisan dan tidak mau direpotkan bersama pemindahan furniture-furniture lama mereka. Selain itu, unit ini pula akan diincar oleh orang yang butuh tempat tinggal sementara ketika bekerja.

Tidak hanya soal kelengkapan unit, desain unit apartemen Anda pula penting buat diperhatikan. Mendekorasi unit beserta hiasan dinding yang elok , karpet baru, spring bed berkualitas hingga tumbuhan hias yang anggun tentu akan menciptakan unit Anda mempunyai nilai lebih di mata penyewa.


4. Iklankan Apartemen Anda Secara Online

Mengutip dari Asosiasi Jasa Penyedia Internet Indonesia (APJII), ada sebesar 171 juta orang Indonesia yg saat ini terhubung dengan internet. Artinya 64% populasi telah terhubung secara online. Sebagian orang tadi tentu sedang mencari apartemen idaman mereka serta ini sanggup menjadi peluang Anda.

Anda bisa mengiklankan unit apartemen Anda secara online di mesin-mesin pencari mirip dengan Google atau media-media sosial, contohnya Facebook dan Instagram. Mengiklankan apartemen di platform-platform tersebut tentu prosesnya panjang dan tidak gampang. Anda mampu mempercayakan tugas ini kepada situs-situs sewa apartemen mirip dengan Jendela360. Selain di situsnya sendiri, Jendela360 juga akan mengiklankan unit Anda di 8 marketplace premium.



Penutup

Itulah beberapa hal yg perlu diketahui sebelum Anda memulai bisnis sewa apartemen. Bisnis sewa
apartemen memang menggiurkan, karena dapat menjanjikan passive income kepada para pelakunya. Apalagi tempat tinggal adalah kebutuhan primer manusia yang pasti diperlukan. Sebelum melangkah lebih jauh, rencanakanlah usaha sewa apartemen Anda dengan lebih matang. Keempat tips di atas akan sangat membantu.

Semoga berguna dan akhir tutur saya ucapkan terimakasih, hingga jumpa di kesempatan dan artikel menarik lainnya. Terimakasih.
4 Tips Gampang Memulai Bisnis Sewa Apartemen Flash & Reset - Hai sobat Top21, berjumpa kembali dengan saya admin ganteng, tentunya hanya di blog Flash & Reset. Pada kesempat...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats