Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2018/2019 Bahasa Indonesia


Flash & Reset - Bagi adik adik kelas IX Sekolah Menengah Pertama atau SMP tentunya telah tak sabar menanti program UN atau UNBK kah? Ya, tentu saja UN/UNBK selalu dinanti-nanti karena mungkin terdapat diantara adik-adik semua yang ingin cepat-cepat lulus dari jenjang pendidikan SMP serta ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan baik itu Sekolah Menengah Atas maupun SMK.

tentunya selama 3 tahun menggali ilmu di SMP dari mulai kelas 7, 8 serta 9 ada banyak ilmu serta pengajaran didapat dari aneka macam pengajar. Maka jangan hingga kamu menyia-nyiakan waktu 3 tahun tersebut hanya buat berleha-leha saja.

Ini sudah waktunya buat belajar lebih ulet lagi. Karena tanpa kita sadari UNBK telah didepan mata. Tinggal bagaimana cara kita melaluinya, apakah hanya sekedar duduk mengerjakan soal kemudian balik ? Atau duduk serta mengerjakan soal bersama rasa bahagia serta bangga serta fokus dalam mengerjakan tiap baris soal?

Tentu semua punya caranya masing-masing dalam menyikapi Ujian Nasional. Tapi aku ingin berpesan kepada kamu bahwa jangan sampai anda lulus serta tak bisa masuk ke sekolah keinginan gara-gara nilai yg kamu peroleh sangat minim.

Maka dari itu, pada kesempatann kali ini saya akan memberikan soal Ujian Nasional yang insyallah bisa adik adik jadikan sebagai bahan belajar nantinya. Berikut adalah Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia :


Bacalah teks berikut!

Banyak kejadian di masyarakat yang dipicu oleh hal-hal kecil. Masyarakat bertindak karena mendapatkan provokator dari oknum yg tak bertanggung jawab. Itulah yg mengakibatkan mereka berbuat anarkisme. Seharusnya mereka melakukan pembagian terstruktur mengenai dulu pihak lain sehingga tak gegabah serta emosional.

01. Pengganti istilah anarkisme serta klasifikasi dalam teks tadi secara berturut-turut merupakan ….

(A) anarki, klarifikasi
(B) anarkis, klarifikasi
(C) anarkistis, klarifikasi
(D) anarkis, verifikasi


Bacalah teks berikut!
Irma mengikuti aktivitas pertukaran pelajar antar negara di luar negeri.
02. Perbaikan penulisan gabungan tutur dalam kalimat tadi adalah ….
(A) pertukaran seharusnya per-tukaran(B) pertukaran pelajar seharusnya pertukaranpelajar(C) antar negara seharusnya antarnegara(D) luar negeri seharusnya luarnegeri

Bacalah teks berikut!
(1) Remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. (2) Usia remaja berada dalam kisaran usia 10 tahun sampai bersama 21. (3) Kenakalan remaja merupakan kasus tanggung jawab semua pihak. (4) Pada usia itu, remaja sedang mencari identitas dirinya.
03. Perbaikan teks tadi agar menjadi padu merupakan beserta menghilangkan kalimat nomor ….
(A) (1)(B) (2)(C) (3)(D) (4)


Bacalah teks berikut!
Kabarnya, presiden akan mengadakan reshuffle kabinet buat agar nanti menaikkan kinerja pemerintah.
04. Penggunaan tutur hubung pada kalimat tadi tidak tepat karena ….
(A) celoteh agar nanti tak dibutuhkan(B) celoteh buat bermakna tujuan(C) tutur supaya bermakna alasan(D) celoteh buat menyatakan asal


Bacalah teks berikut!
Kebersihan lingkungan tidak akan sulit diterapkan apabila kita membiasakan pola hidup bersih serta sehat. Budaya hidup bersih serta sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Kita dapat menjalankan aktivitas hidup yang sehat serta produktif sehingga pada akhirnya menggapai kesuksesan. Penerapan pola hidup sehat dapat dimulai dari lingkungan keluarga.
05. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
(A) penerapan kebersihan lingkungan(B) manfaat budaya hidup sehat bagi manusia(C) aktivitas hidup sehat mendukung kesuksesan(D) lokasi penerapan pola hidup sehat


Bacalah teks berikut!
Dalam penyelaman itu menemukan benda-benda kuno di dasar laut.
06. Kalimat tersebut tak efektif karena ….
(A) mempunyai makna ganda(B) tidak memiliki subjek(C) predikatnya ungkap kerja pasif(D) tak disertai keterangan tempat


Bacalah teks berikut!
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan UNESCO, tingkat membaca masyarakat Indonesia rendah. Namun demikian, pemerintah tidak henti-hentinya melakukan upaya untuk meningkatkan budaya membaca. Kementerian pendidikan serta Kebudayaan menginstruksikan kepada setiap sekolah untuk mencanangkan gerakan 15 menit membaca sebelum pelajaran. Selain itu, dilakukan gerakan kampanye suka membaca kepada anak usia dini.
07. Simpulan isi teks tersebut adalah ….
(A) minat membaca akan tumbuh bersama sendirinya semenjak usia dini(B) kondisi rendahnya minat baca adalah kenyataan yang wajib diterima(C) pemerintah optimis bahwa minat baca rakyat dapat ditingkatkan(D) beserta 15 menit membaca setiap hari, minat baca dapat meningkat


Bacalah teks berikut!
Peneliti asal Amerika Serikat melakukan studi jangka panjang terhadap pola pendidikan anak genius yang melibatkan 5.000 anak genius serta intelektual tinggi selama 45 tahun.
08. Perbaikan kesalahan penulisan celoteh dalam kalimat tersebut merupakan ….
estes.png


Bacalah teks berikut!

Pantai Kuta adalah satu dari tempat wisata di Bali, tepatnya di sebelah selatan pulau Dewata.

09. Kesalahan penulisan huruf dalam kalimat tersebut terdapat pada celoteh ….

(A) Kuta
(B) Bali
(C) selatan
(D) Dewata


Bacalah teks berikut!

(1) Kegiatan literasi menjadi satu dari program sekolah. (2) Semua sekolah diharapkan dapat melakukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (3) Salah satu kegiatan; yang dilakukan untuk menunjang GLS; merupakan 15 mnt membaca dalam awal jam pertama. (4) Melalui kegiatan ini; semua
siswa diharapkan memiliki minat baca yg tinggi.

10. Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai beserta nomor ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Bacalah teks berikut!

Salah satu museum yg banyak dikunjungi pelajar adalah museum geologi Bandung. Museum ini didirikan pada jaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang giat melaksanakan penyelidikan geologi.

11. Perbaikan penulisan huruf kapital celoteh dalam teks tadi merupakan ….

(A) Museum geologi Bandung, Benua Eropa
(B) Museum Geologi Bandung, Benua Eropa
(C) museum Geologi Bandung, Benua Eropa
(D) museum Geologi Bandung, benua eropa

Perhatikan kalimat berikut!

Semua siswa, baik pria, maupun perempuan wajib mengikuti upacara.

12. Perbaikan penulisan indikasi baca koma pada kalimat tersebut yang tepat merupakan ….

(A) seluruh mahasiswa, baik laki-laki , maupun wanita harus, mengikuti upacara
(B) seluruh mahasiswa baik laki-laki , maupun perempuan, wajib mengikuti upacara
(C) semua mahasiswa, baik laki-laki maupun perempuan, harus mengikuti upacara
(D) semua murid, baik laki-laki , maupun perempuan, wajib mengikuti upacara


Bacalah teks berikut!

Ibu membutuhkan: minyak goreng, tepung terigu, serta pisang untuk membuat pisang goreng kesukaan Dila. Walaupun tiap sore ada penjual pisang goreng yang selalu berjualan di depan rumahnya, Dila tidak tergoda.

13. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca dalam teks tersebut merupakan ….

(A) tanda baca koma (,) sebelum kata serta tidak diperlukan
(B) pertanda baca titik (.) tak diperlukan setelah tutur tergoda
(C) indikasi baca titik dua (:) tidak dibutuhkan sehabis celoteh membutuhkan
(D) tanda baca koma (,) pada kalimat kedua tak perlu


Perhatikan kalimat berikut!

Salah satu upaya penanggulangan banjir merupakan beserta membuat saluran air […] got ke sungai.

14. Kata depan yg tepat buat melengkapi kalimat tadi adalah ….

(A) di
(B) ke
(C) dari
(D) pada

Perhatikan kalimat berikut!

[...], hebat sekali anda, ulangan matematika sesulit itu menerima nilai sempurna!

15. Kata seru yg tepat buat melengkapi kalimat tadi adalah ….

(A) Wah
(B) Aduh
(C) Hai
(D) Ah


Bacalah petunjuk berikut!

Membuat Puding Kelapa Muda „

(1) sediakan agar-agar, gula, santan, kelapa muda, vanili, serta telur lalu kocok
(2) biarkan hingga mendidih pulang, lalu angkat
(3) tuanglah ke dalam cetakan
(4) masak air sampai mendidih
(5) setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, serta telur yang sudah dikocok.

16. Urutan petunjuk membuat puding kelapa muda tadi yg tepat adalah ….

(A) (1), (3), (2), (4), (5)
(B) (1), (4), (5), (2), (3)
(C) (4), (1), (2), (5), (3)
(D) (4), (5), (3), (1), (2)

Perhatikan teks berikut!

Batik sudah dikenal semenjak zaman Majapahit, bahkan mampu lebih lama sebelumnya yaitu masa kerajaan Mataram Kuno […] Arca para dewa sanggup dijumpai di candi Hindu maupun Buddha, seperti di Candi Prambanan

17. Kalimat yang tepat buat melengkapi teks tadi merupakan ….

(A) arca para para dewa zaman dahulu diberi busana batik
(B) batik sudah banyak dipakai para raja zaman dahulu
(C) bukti kehadirannya bisa disaksikan pada gesekan arca para dewa
(D) batik dijalankan sebagai pakaian kebesaran para bangsawan

Bacalah kutipan cerita berikut!

Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan serta menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.

18. Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang pertama yang tepat adalah ….

(A) Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan serta menabung buat biaya sekolah Putri, anak
semata wayangnya. Dulu, pada saat kami menjadi penarik becak, buat mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena saat ini banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur
dengan penghasilannya

(B) Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan serta menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya

(C) Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makan serta menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur dengan
penghasilanku

(D) Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan serta menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur
dengan penghasilan kami


Bacalah kutipan cerita berikut!

Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraaan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, serta kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas serta menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagaitengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah serta keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.

19. Amanat dalam kutipan cerita tadi adalah….

(A) jangan melakukan pencitraan diri yang menciptakan orang lain rugi
(B) jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut
(C) lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan
(D) jagalah kesuburan tanah buat para petani di pedesaan

Bacalah teks drama berikut!

Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan serta kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, serta Dini. Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 serta 6!
Dini : A serta C.
Sita : Kalau soal nomor 10, 11, serta 15 jawabannya apa Ban?
Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum.
Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yg belum admin kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat rileks serta mengerjakan ujian sendiri tanpa menyontek.

19. Amanat dalam kutipan cerita tadi adalah….

(A) jangan melakukan pencitraan diri yang menciptakan orang lain rugi
(B) jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut
(C) lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan
(D) jagalah kesuburan tanah buat para petani di pedesaan

Bacalah teks drama berikut!
Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan serta kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, serta Dini.
Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 serta 6!
Dini : A serta C.
Sita : Kalau soal nomor 10, 11, serta 15 jawabannya apa Ban?
Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum.
Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yg belum admin kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat rileks serta mengerjakan ujian sendiri tanpa menyontek.

20. Cerpen yg sesuai bersama teks drama tersebut adalah ….

(A) Kelasku sedang menghadapi ujian Matema-tika. Aku, Banu, Siti, Dina, serta Adi sangat kewalahan menjawab soalsoal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada Dina, “Din… soal nomor 5 serta 6 jawabannya apa? “ “Ngga tau” jawab Dina, “tanya Dini sana!”

(B) Ketika ujian matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik sana, lirik sini. “Din… soal nomor 5 serta 6 apa jawabnya?” ujar Banu penuh harap. “A serta C”, jawab Dini sedikit keras “Ssst… jangan keras-keras dong, ntar Bu Guru dengar”. Mereka asyik contek-contekkan, sementara Budi serius dengan pekerjaannya sendiri.

(C) Ujian matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima sekawan, Budi, Banu, Dini, Sita, serta Adi pun merasa kewalahan juga. “Din, jawaban soal nomor 5 serta 6 apa?” tanya Banu memecah keheningan ruang ujian. “A serta C”, jawab Dini. “Trus soal nomor 10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?” tanya Sita “Nomor 10 A, 11 D, serta nomor 15 aku belum selesai”, jawab Banu. Walaupun keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileks serta mengerjakan sendiri soalnya tanpa mencontek.

(D) Bu guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya. Begitu juga dengan Banu, Dini, Sita, Budi, serta Adi. Mereka saling contek, termasuk juga Budi. “Soal nomor 5 serta 6 apa jawabnya Din?” tanya Budi. “A serta C, jawab Dini. “Terus soal nomor 10, 11, serta 15 apa jawabnya Sit?” tanya Adi. “Ssst…. Jangan keras-keras!” kata Dini, “ntar Bu Guru dengar.”

Bacalah data akibat pengamatan berikut!

Kelompok : Bung Tomo
Objek yang diamati : Gunung Tangkuban Perahu
Waktu pengamatan : Selasa, 11 Juni 2019
Tujuan : Mengetahui kondisi
Gunung Tangkuban Perahu
Hasil pengamatan :
 berada di sebelah utara Bandung
 tingginya 2.084 m
 bentuknya strato volcano
 suhu berada antara 2°C s.D. 17°C

21. Teks laporan yg sesuai dengan data tadi adalah ….

(A) kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap Gunung Tangkuban Perahu pada hari Selasa, 11 Juni 2019. Tujuan pengamatan adalah untuk mengetahui kondisi gunung tersebut. Gunung Tangkuban Perahu berada di sebelah utara Kota Bandung. Gunung yang tingginya mencapai 2.084 m ini berbentuk strato volcano. Suhu di sekitarnya mencapai 2°C pada malam hari serta 17°C pada siang hari.

(B) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan mengenai Gunung Tangkuban Perahu. Pengamatan dilakukan hari Selasa, 11 Juni 2019. Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perhutani. Setiap hari terutama dalam hari libur, gunung ini banyak dikunjungi wisatawan. Gunung yg berbentuk strato volcano ini termasuk gunung berapi yang masih aktif.

(C) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap gunung yang dikelola Perhutani. Salah satunya merupakan Gunung Tangkuban Perahu di wilayah utara Kota Bandung. Gunung ini termasuk gunung yg masih aktif. Walaupun demikian, gunung ini selalu banyak dikunjungi wisatawan karena suhu di sekitarnya dingin.

(D) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap Gunung Tangkuban Perahu. Tujuan pengamatan adalah mengetahui cara Perum Perhutani mengelola gunung ini sebagai objek wisata. Tangkuban Perahu yang berada di kawasan utara Bandung ini berbentuk strato volcano. Tinggi gunung mencapai 2.084 serta suhu di sekitar kawasan ini mencapai 2°C pada malam hari.

Bacalah kalimat berikut!

Pemerintah Indonesia mencari cara terbaru agar hasil panen meluap serta berkualitas tinggi.

22. Pilihan celoteh yang salah dalam kalimat tadi adalah ….

(A) mencari
(B) terbaru
(C) meluap
(D) berkualitas

Bacalah teks berikut!

(1) Sejak pagi, pengurus OSIS sibuk menyiapkan aneka macam keperluan buat acara jalan sehat. (2) Mereka membawa hadiah dari ruang OSIS. (3) Kupon hadiah buat para peserta jalan sehat telah mereka siapkan juga. (4) Tepat pukul 07.00 semua peserta sudah hadir di sekolah.

23. Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai bersama nomor ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Perhatikan kalimat berikut!

Gedung itu direnovasi dengan [...] ratusan energi pakar bangunan dari banyak sekali wilayah di Indonesia.

24. Kata yang tepat buat melengkapi kalimat tadi adalah ….

(A) menyibukkan
(B) menampilkan
(C) menjadikan
(D) melibatkan

Perhatikan kalimat berikut!

Ditemani oleh [...] suami, Alien menjelaskan konflik yang sebetulnya terjadi.

25. Kata sandang yg tepat buat melengkapi kalimat tersebut adalah ….

(A) si
(B) sang
(C) tuan
(D) dang

Perhatikan teks berikut!

Banjir sudah menjadi agenda tahunan […](1) masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang keras serta mengeluarkan biaya yang sangat besar […](2) menyelesaikan masalah ini.

26. Kata penghubung yg tepat buat melengkapi teks tadi adalah ….

(A) (1)untuk, (2)bagi
(B) (1)oleh, (2)untuk
(C) (1)oleh, (2)bagi
(D) (1)bagi, (2)untuk

Bacalah teks berikut!

Terkuaknya masalah vaksin palsu, belum lama ini, mengambarkan bahwa kejahatan bersama modus baru sudah terjadi di dunia kesehatan. Meskipun pihak Kementerian Kesehatan RI telah memberikan klarifikasi, namun tetap saja tak sedikit rakyat yg dibentuk galau dengan insiden itu. Mereka diliputi kekhawatiran terhadap anakanak balita mereka yg belum lama ini mendapat imunisasi.

27. Makna celoteh klarifikasi dalam teks tadi adalah ….

(A) penerangan mengenai hal yang sebenarnya
(B) pengusutan terhadap masalah yang terjadi
(C) pemahaman terhadap hasil yg ditimbulkan
(D) dugaan munculnya masalah serta akibatnya

Bacalah teks berikut!

(1) Semua pasangan bakalan calon kepala daerah serta wakil kepala daerah mempunyai tanggung jawab yang sama. (2) Mereka bertanggung jawab agar Pemilihan Kepala Daerah tahun 2019 berjalan aman serta damai. (3) Pilkada jangan sampai menggerogoti pembangunan ekonomi yang sudah mulai terjaga.

28. Maksud kalimat angka (3) pada teks tersebut adalah ….

(A) pembangunan ekonomi akan berjalan lancar selesainya pelaksanaan Pilkada 2019
(B) Pilkada tahun 2019 sangat mengganggu ekonomi yg sedang dilaksanakan
(C) seluruh pihak mengharapkan Pilkada tahun 2019 dilaksanakan setelah pembangunan ekonomi selesai
(D) Pilkada tahun 2019 diperlukan tak mengganggu pembangunan ekonomi yang telah mapan

Bacalah teks berikut!

(1) Kelompok Melati mengadakan pengamatan di Kali Brantas.
(2) Air Kali Brantas sangat jernih. Aliran air Kali Brantas sangat lancar.
(3) Kegiatan dilakukan Minggu, 7 Agustus 2019.
(4) Air Kali Brantas dipakai rakyat di lebih kurang Kali Brantas buat mencuci.
(5) Setiap sore hari banyak anak yg berenang di Kali Berantas.

29. Susunan kalimat laporan tadi yang tepat adalah ….

(A) (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
(B) (1)-(2)-(5)-(4)-(3)
(C) (5)-(3)-(2)-(1)-(4)
(D) (5)-(1)-(3)-(2)-(4)

Bacalah teks berikut!

Minat baca di Indonesia memang rendah. Namun demikian, kualitas perpustakaan kita justru di atas negara-negara maju. Membangun perpustakaan adalah hal yg penting. Mengajak warga buat mempunyai minat Baca juga tidak kalah penting.

30. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tadi merupakan ....

(A) perpustakaan yg memadai tidak mengklaim tingginya minat baca
(B) pengadaan perpustakaan yg berkualitas merupakan hal yg penting
(C) minat baca di Indonesia tinggi karena disediakan perpustakaan
(D) minat baca tinggi karena adanya perpustakaan yang berkualitas

Bacalah teks berikut!

(1) Berbagai pihak dilibatkan buat menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak mempunyai peran yg tidak sinkron-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua bahu-membahu demi terwujudnya rakyat sekolah yg literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca rakyat sekolah sangat rendah.

31. Kalimat yg menyatakan hubungan pertentangan dalam teks tadi ditandai dengan nomor ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Bacalah paragraf berikut!

(1) Kontingen PON menembak Jabar mengalami perkembangan pesat pada empat tahun terakhir. (2) Pada PON Tahun 2012, kontingen ini hanya meraih satu medali emas. (3) Pada PON XIX Tahun 2019, Jabar meraih tiga belas medali emas. (4) Dengan perolehan medali tersebut, kontingen Jabar menjadi juara awam cabang olahraga menembak PON XIX.

32. Kalimat utama paragraf tadi ditandai beserta angka ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Bacalah teks berikut!

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya beserta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri seperti : daun berbentuk panjang, tebal, serta berwarna hijau.

Daunnya mengandung serat bening sebagai daging. Meskipun semenjak dahulu dikenal mempunyai banyak khasiat, belum banyak yang memahami bahwa flora ini mampu menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas yg berbahan lidah buaya, di antaranya merupakan obat buat meningkatkan kecepatan proses penyembuhan penyakit.

Jus lidah buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baik serta sangat membantu jika mengalami sembelit. Selain sebagai penyubur rambut, lidah buaya juga digunakan sebagai minuman yang menyehatkan.

33. Ringkasan teks tadi merupakan ....

(A) lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga buat kesehatan
(B) lidah buaya sangat bermanfaat buat mengobati berbagai macam penyakit
(C) lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentu serta nilai komoditas menguntungkan
(D) lidah buaya bermanfaat serta memiliki komoditas yang menguntungkan

Bacalah ke 2 kutipan cerita berikut!
344.png

Bacalah ke 2 kutipan cerita berikut!
35.png

35. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai beserta ….

99.png

Bacalah kutipan cerita berikut!

Kerbau menantang katak, jika nanti malam hujan, dirinya akan memenuhi segala permintaan katak. Keesokan harinya, katak menagih janji kerbau karena malam harinya turun hujan. Ternyata kerbau hanya bermulut besar. Katak merasa sangat kecewa, beliau sudah sangat berharap akan mampu menikmati serangga kesukaannya.

36. Makna ungkapan bermulut besar pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) suka berbohong
(B) tak tahu malu
(C) tak sungguh-sungguh
(D) suka menyombongkan diri

Bacalah kutipan cerita berikut!

Untuk mengisi liburan sekolah, Andi serta temantemannya berencana pergi kemah. Mendadak orang tua Andi sakit. Firman serta Adi gelisah. Mereka pun menjemput Andi di rumahnya. “Lho, kamu kok belum siap-siap?” tanya Firman. “Maaf, ibuku tadi malam mendadak sakit. Aku tidak jadi ikut.” “Kenapa, kan masih ada adikmu. Kamu juga yang punya usul kemah” ujar Adi. “Iya, tetapi adikku kan masih kecil, tidak bisa menjaga serta merawat ibu,” kata Andi. “Ah…. Kamu bukan teman setia!” kata Firman dengan sedikit nada tinggi. Andi hanya bisa menghela napas.

37. Pernyataan yang sesuai bersama isi kutipan cerita tadi adalah ….

(A) impian Firman buat berkemah
(B) Andi adalah sahabat yang tak setia
(C) walaupun ibunya sakit, Andi pergi berkemah
(D) Andi membatalkan pergi berkemah lantaran ibunya sakit

Bacalah teks berikut!

Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial serta politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan serta menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. la selalu menyampaikan tentang pentingnya persatuan serta kesatuan dalam berbangsa serta bernegara. Pada tanggal 25 Desember 1912, ia mendirikan Indische partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme Indonesia) bersama dengan Douwes Dekker (Dr. Danudirdja Setyabudhi) serta dr. Cipto Mangoenkoesoemo. Organisasi ini ditolak oleh pemerintahan Belanda karena dianggap dapat membangkitkan rasa nasionalisme rakyat serta menggerakkan kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.

38. Keistimewaan tokoh pada teks tadi merupakan ….

(A) tahun 1908 aktif berorganisasi
(B) organisasinya ditolak Belanda
(C) mempunyai nasionalisme tinggi
(D) menggugah pencerahan masyarakat

Bacalah teks berikut!

Pertempuran legendaris 10 November 1945 silam selalu diidentikkan dengan nama Sutomo atau yang akrab disapa Bung Tomo. Bung Tomo lahir di Surabaya, 3 Oktober 1920. Keluarga Bung Tomo sangat menghargai serta menjunjung tinggi pendidikan. Kartawan Tjiptowidjojo, ayahnya, pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan. Bung Tomo suka bekerja keras untuk memperbaiki keadaan agar menjadi lebih baik. Bung Tomo terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO ketika berusia 12 tahun. Bung Tomo melakukan berbagai pekerjaan kecilkecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia saat itu. la menyelesaikan pendidikan HBS-nya lewat korespondensi.

39. Hal yg patut diteladani dari tokoh dalam teks tersebut adalah ….

(A) sangat menghargai serta menjunjung tinggi pendidikan
(B) tokoh legendaris dalam peristiwa 10 November 1945
(C) menuntaskan pendidikannya di HBS lewat korespondensi
(D) suka bekerja keras memperbaiki keadaan agar lebih baik

Bacalah kutipan cerita berikut!

“Bu, Syifa boleh membeli baju?” tanya Syifa. “Boleh”, jawab Ibu. Atas persetujuan ibu, Syifa berjalan membeli baju. Di tikungan jalan, dia bertemu dengan pengemis. Syifa menetapkan buat tak jadi membeli baju. ”Syifa, mana baju yang anda beli?” tanya ibu kepada Syifa. “Tidak jadi, Bu… lantaran uangnya aku kasih ke pengemis itu,” jawab Syifa. Tidak lama kemudian terdengar bunyi dari luar tempat tinggal memanggil namanya. Syifa bergegas ke luar rumah buat melihat siapa yg tiba. Ternyata sahabat Syifa, Lala namanya.

40. Tokoh utama pada kutipan cerita tadi adalah ….

(A) ibu
(B) Syifa
(C) Lala
(D) pengemis

Perhatikan kalimat berikut!

Saat hari lebaran, aku saling bermaaf-maafan bersama saudara.

41. Perbaikan kalimat tadi agar menjadi efektif adalah ….

(A) saat Lebaran, aku saling bermaaf-maafan beserta saudara.
(B) saat hari Lebaran, aku bermaaf-maafan dengan saudara.
(C) ketika Lebaran, aku bermaaf-maafan dengan saudara.
(D) dikala hari Lebaran, admin saling bermaafmaafan bersama saudara.

Bacalah kutipan cerita berikut!

Pada suatu pagi, Kakek serta Nenek Chen bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa bekal untuk makan siang mereka di hutan. Ketika sudah tiba di hutan, mereka melihat anak burung merpati putih menggelepar di tanah. Rupanya anak burung itu terjatuh dari pohon. “Aduh, kasihan sekali anak burung ini,” kata Nenek sambil mengangkat merpati itu. Ia meletakkan anak burung itu di bakul makanan dengan hati-hati. “Kita rawat saja ya, Kek,” ujar Nenek. Kakek Chen mengangguk setuju.

42. Tokoh lokasi pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) rumah serta dapur
(B) rumah serta hutan
(C) rumah serta pasar
(D) rumah serta warung

Bacalah kutipan cerita berikut!

Rio membetulkan letak keranjang plastik di boncengan sepedanya. Tali-tali karet pengikat keranjang itu mulai kendur. Mungkin karena seringnya tali karet itu ditarik untuk mengikat keranjang kue dagangannya. Ya, keberangkatan Rio ke sekolah tak hanya memperjuangkan masa depannya. Dalam setiap keping uang koin hasil penjualan roti itu terdapat cita-cita adiknya serta juga beras jatah makan sekeluarganya. Waktu istirahat jam sekolah, tak pernah Rio rasakan dalam gurauan serta serunya berkejar-kejaran dengan teman. Ia harus rela mengejar mimpi melalui roti-roti dagangannya.

43. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Rio pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) pelukisan fisik tokoh
(B) penggambaran lingkungan tokoh
(C) melalui tokoh lain
(D) penggambaran tingkah laris tokoh

Bacalah kutipan cerita berikut!

Kedasih tidak menjawab. Ia membaringkan tubuhnya yang terasa seperti kayu. Meski begitu, Kedasih bercerita tentang burung hantu serta belalang yang sombong serta tamak. Kata Kedasih, belalang suka sekali mengganggu tidur siang burung hantu.

Ia seringkali menyanyi dekat burung hantu. Suaranya berisik. Pada suatu hari belalang diiming-iming anggur. Kata burung mahluk ghaib, anggur itu didapat dari Dewa Apollo. Anggur itu yg menciptakan bunyi Dewa Apollo begitu merdu. Belalang pun percaya.

Ia meminta buah anggur yg dimiliki burung mahluk ghaib agar suaranya semerdu Dewa Apollo. “Saat belalang mendekat ke burung hantu, haaapp! Nyaem… nyaeeemm,” cerita Kedasih, menirukan burung hantu menerkam belalang.

44. Makna simbol tutur burung mahluk ghaib dalam kutipan tersebut merupakan ….

(A) ketidakberdayaan
(B) kesombongan
(C) kecerdikan
(D) kesabaran

Bacalah kutipan cerita berikut!

Kenari merasa malu serta kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temanya. Tubuhnya kecil serta mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering meledek serta menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih serta tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi serta rajin membersihkan diri. la tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.

45. Nilai moral dalam kutipan cerita tadi merupakan ….

(A) dalam pergaulan harus memusnahkan perilaku berkuasa
(B) dengan teman harus saling menggoda serta meledek
(C) berusahalah menjadi lebih baik agar percaya diri
(D) kurang percaya diri hal biasa pada pergaulan

Bacalah kutipan cerita berikut!

Ketika Ipiin sedang mengacu sepedanya, ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Ipiin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia raguragu serta merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom dimana-mana. Ipiin khawatir benda itu adalah bungkusan bom. Akhirnya, ia pun mencoba membuka bungkusan tersebut.

46. Penyebab permasalahan dalam kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) Ipiin menjadi gemetaran lantaran menemukan sebuah benda
(B) Ipiin ragu serta takut karena sering terjadi peledakan bom
(C) Ipiin menemukan sebuah bungkusan plastik berwarna hitam
(D) Ipiin mencoba membuka bungkusan plastik yang ditemukannya

xnj.png
47. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai beserta ….

kl.png

jl.png

48. Perbedaan penggunaan bahasa dalam kedua kutipan cerita tersebut merupakan ….


op.png


Bacalah kutipan cerita berikut!

Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari, serta bergembira. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia malu karena telah kehilangan sebuah kakinya.

49. Kebiasaan tokoh belalang yg tergambar dalam kutipan cerita tersebut merupakan ….

(A) setiap malam berpesta
(B) membagi makanan
(C) hidup menyendiri
(D) aneh serta pemalu



Bacalah kutipan cerita berikut!

Sore itu aku duduk seorang diri di tepi pantai, memandang dunia yang terdiri atas waktu. Memandang bagaimana ruang serta waktu bersekutu, menjelmakan alam itu untuk mataku. Di tepi pantai, sementara sapuan warna keemasan serta lautan adalah cairan logam meski buih pada debur ombak yang menghempas itu tetap saja putih seperti kapas serta langit.

50. Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) menggunakan pola pengembangan alur mundur
(B) gaya bahasa yang indah pada menggambarkan pantai
(C) sudut pandang yang dijalankan orang ketiga
(D) menceritakan pengalaman tokoh di wilayah pantai



Penutup

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia. Semoga soal-soal diatas dapat kamu jadi sebagai bahan belajar untuk menghadapi UNBK nanti ya.
Terimakasih, serta sampai jumpa kembali di artikel menarik serta bermanfaat lainnya.
Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2018/2019 Bahasa Indonesia Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia Flash & Reset - Bagi adik adik kelas IX Sekolah Menengah Pertama atau SM...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats