Cara Mengatasi Baterai Evercoss A7B Cepat Habis

Selamat pagi teman-teman pembaca blog saya ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu kasus dari pasien saya yaitu baterai Evercoss A7B cepat habis. Baterai merupakan komponen penting dalam ponsel jadi bila baterai sedang habis otomatis ponsel juga tidak bisa digunakan. Bahkan salah fitur yang sering ditonjolkan pada smartphone terbaru sekarang adalah dari baterai, baik dari segi kapasitas, proses pengisian sampai dengan managemen daya pada ponsel. 


Sekarang kasus yang saya alami adalah ponsel ini ketika dicas kurang lebih selama 1 jam, pengisianya sudah full. Indikator baterai juga menunjukan 100%. Tapi ketika dipakai untuk browsing sekedar terkoneksi di internet, hanya sekitar 30 menit baterai ini sudah tinggal 10%. Padahal tidak membuka program yang berat sama sekali, aplikasi yang terbuka hanya browser dan beberapa aplikasi yang otomatis on. 

Melihat kondisi seperti ini langkah yang saya lakukan adalah dengan melakukan format ulang kestingan pabrik. Dengan harapan supaya bila ada aplikasi yang menyedot daya baterai akan ikut hilang. Krmudian ponsel saya reset melalui wipe data pada recovery bawaan. Setelah proses reset selesai kemudian ponsel saya cas hingga 100% kembali kemudian saya coba ternyata hasilnya masih sama saja baterai masih tidak bisa tahan lama. Dipakai sekitar 30 menit sudah habis minta dicas kembali. 

Kemudian permasalahan yang saya curigai berikutnya adalah baterai, mungkin sudah rusak tidak bisa menampung daya dengan baik. Jika melihat dari kondisi fisik baterai, tidak ada tanda-tanda kembung atau hamil pada baterai ini. Berhubung saya tidak punya baterai yang sejenis ini kemudian saya belikan baterai baru yang KW karena bila kita mencari yang original dipastikan sangat sulit harus cari di servis center atau dari kanibalan ponsel sejenis yang sudah rusak. Singkat cerita setelah saya belikan baterai baru ternyata hasilnya masih sama saja, ponsel dipakai selama setengah jam baterainya sudah habis.

kemudian yang saya curigai lagi adalah dari charger untuk memastikan pengisian baterai bisa optimal, baterai saya cas menggunkan cas kodok atau cas dekstop. Setelah terisi full saya masukan di ponsel kembali dan saya coba lagi-lagi baterai tidak bisa tahan lama. 

Berati yang belum dicoba diganti adalah mesin dari ponsel ini, mungkin ada ic atau dioda yang rusak sehingga membuat bosros pemakaian baterai. Berhubung sudah pusing dan tidak punya alat untuk mengganti maupun memperbaiki akhirnya hp tersebut saya serahkan kembali kepada yang punya. 

Demikian postingan singkat saya mengenai kasus baterai Evercoss cepet habis, semoga bermanfaat bila ada pertnyaan silahkan disampaikan pada kolom komentar. Terimakasih atas kunjunganya sampai jumpa dengan postingan saya berikutnya.
Cara Mengatasi Baterai Evercoss A7B Cepat Habis Selamat pagi teman-teman pembaca blog saya ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu kasus dari pasien saya yaitu baterai...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats