Mengatasi Notifikasi Telat di Flyme OS Meizu M3S Terbaru

Pada artikel review Meizu M3S sebelumnya, sudah saya sebutkan bahwa salah satu kekurangan dari FlymeOS adalah telatnya notifikasi dari beberapa aplikasi sosial media. Yang paling terasa bagi saya sih notifikasi di aplikasi Whatsapp, karena memang hanya itu aplikasi chatting yang saya pakai. Tapi ada kemungkinan di beberapa aplikasi yang lain juga sama, notifikasi baru muncul ketika aplikasi dibuka. Jika kalian menggunakan Meizu M3S dan mengalami hal yang sama, beberapa pengaturan pada aplikasi security di bawah ini mungkin bisa mengatasi masalah tersebut.

Mengapa saya katakan mungkin. Ya, karena memang cara ini baru saya coba di Meizu M3S saya yang menggunakan FlymeOS Global versi 5.1..5.0G. Dan Alhamdulillah cara ini berhasil untuk kasus saya ini. Untuk tipe HP Meizu dengan versi FlymeOS yang lain, tidak ada salahnya untuk mencoba. Baiklah, kalo gitu tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja ke caranya.

Pertama
Buka aplikasi "Security" di homescreen (1). Masuk ke menu "Accelerator" (2), tap ikon setting di pojok kanan atas (3), tap "Memory acceleration whitelist" (4). Di situ akan tampak beberapa aplikasi yang tidak akan kena dampak apabila system melancarkan memory acceleration. Apabila aplikasi yang temen-temen inginkan belum masuk whitelist, tinggal tap tombol "Add to Whitelist" (5) di bagian bawah dan masukkan aplikasi yang temen-temen inginkan (6). Ohya kalo ada "Google Play Service" atau "Google Service Framework", masukkan saja ke whitelist.

  


  

  
Kedua
Setelah selesai di menu "Accelerator" kita kembali lagi ke menu awal aplikasi "Security". Selanjutnya kita masuk ke menu "Permissions" (7). Di menu ini kita akan mengatur aplikasi yang diijinkan untuk melakukan auto-launched dengan cara tap pada menu "Auto-launched apps" di menu "Permissions" (8) dan aktifkan aplikasi-aplikasi yang temen-temen ijinkan untuk melakukan auto-launched (9). Pengaturan di menu "Permissions" selesai dan kembali lagi ke menu awal aplikasi "Security".

  

Ketiga
Sekarang kita masuk ke menu "Power" di aplikasi "Security" (10). Pada menu power, pilih menu "Standby Management" (11). Jadi FlymeOS ini akan melakukan banned atau mematikan aplikasi setelah HP dalam posisi standby selama 3 menit. Agar aplikasi social media kita tidak kena banned, tinggal kita plih saja aplikasi yang kita inginkan dan kita aktifkan agar tetap terjaga saat HP dalam posisi stanby (12).

  

Tap tombol back sekali, masih tetap di menu "Power". Selanjutnya tap icon setting di pojok kanan atas (13) kemudian non aktifkan opsi "Disable linked launch" (14).

 

Terakhir
Ritual terakhir yaitu mengunci aplikasi social media yang diinginkan di recent apps. Caranya, usap ke atas dari bawah layar untuk membuka recent apps. Selanjutnya tap agak lama pada aplikasi yang kita inginkan untuk mengunci aplikasi tersebut (15), sehingga ketika kita tap tombol close all yang ada di atas layar, aplikasi yang kita kunci tidak akan ikut tertutup.


Done. Dan akhirnya notifikasi social media pun sekarang datang tepat pada waktunya, tidak terlambat lagi. Setidaknya pada HP Meizu M3S saya ya.

Semoga cara di atas dapat mengatasi permasalahan yang sama pada HP Meizu temen-temen. Bagi yang belum berhasil, bisa mencoba cara-cara yang lain, atau berdoa saja semoga pihak Meizu segera merilis update untuk mengatasi masalah yang sebenernya sudah berlarut-larut ini. Akhir kata, Wassalamu'alaikum. Hasta Luegoo !!!
  



Mengatasi Notifikasi Telat di Flyme OS Meizu M3S Terbaru Pada artikel review Meizu M3S sebelumnya, sudah saya sebutkan bahwa salah satu kekurangan dari FlymeOS adalah telatnya notifikasi dari be...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats