[Tested] Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop Dengan Mudah Terbaru 2019

Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop - Baterai CMOS (Complementary metal–oxide–semiconductor) acapkali disebut CMOS RAM atau hanya CMOS merupakan baterai yang digunakan BIOS buat permanen aktif meski tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaan Baterai CMOS merupakan buat mengaktifkan serta menjalankan fungsi jam, dan menyimpan pengaturan BIOS, serta umumnya memakai baterai kancing (Baterai berbentuk bulat yg pipih seperti baterai jam tapi ukuran lebih akbar, diameter serta ketebalannya bervariasi).
Cara menandai baterai CMOS yg sudah habis atau nir berfungsi adalah waktu jam yang berubah setiap dimatikan dan dinyalakan kembali. Bisa jua pengaturan BIOS kembali ke default bawaan nya meski kita sudang merupah pengaturan BIOS nya. Ini seringkali terjadi untuk laptop 2nd yg umurnya sudah dua tahun lebih.
Cara%2BMengganti%2BBaterai%2BCMOS%2BLaptop%2BDengan%2BMudah.jpg

Untuk praktek kali ini aku menggunakan Laptop Compaq Presario CQ40. Untuk laptop merek Toshiba, Asus, Lenovo, Samsung serta lainnya silahkan menyesuaikan. Untuk baterai CMOSnya semua sama. Hanya saja letak baterai CMOS yg tidak sama setiap merk Laptop.

Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop Compaq Presario CQ40 :

  1. Cabut aliran listrik yg tersambung ke laptop, buat lebih aman tanggal baterai laptop.
  2. Buka penutup baterai CMOS, terletak di bagian bawah laptop lebih tepatnya berada pada samping tempat baterai. (setiap merk laptop memiliki tempat yg tidak selaras, ada yg wajib bongkar body laptopnya seperti Axioo dan Asus, baru sanggup melepas baterainya.)
  3. Jika penutup sudah terbuka, maka akan terlihat baterai CMOS laptop yang terbungkus plastik berwarna hitam dengan kabel merah hitam.
  4. Sekarang bubut kabel baterai berdasarkan slotnya sebagai akibatnya terlepas.
  5. Untuk langkah ini ada dua pilihan. Pertama beli paketan baterai CMOS yg telah terbungkus, atau yang ke 2 membeli isi baterainya dan mengubah sendiri.
  6. Jika engkau menentukan pilihan pertama, maka kamu tinggal membeli paket baterainya di HP center serta tutorial berhenti di sini. Perlu diketahui hargan paketan baterai CMOS lebih kurang Rp 150.000,00. Tinggal tancapkan baterai yg baru tanpa harus susah mengubah isi baterai, akan tetapi menggunakan harga baterai yg relatif sangat mahal.
  7. Akan tetapi jika kamu memilih pilihan ke 2, maka langkah ini akan berlanjut. Dan langkah selanjutnya menggunakan membuka pembungkus plastik baterai buat mengambil baterai CMOS. Baterai CMOS di pasaran harganya lebih kurang Rp 2.000 - Rp 5.000 saja. Ingat, usahakan beli baterai baru yg dipakai sama seri serta dayanya menggunakan baterai yg sebelum diganti, yaitu CR2032.
  8. Cara melepas baterainya berdasarkan besi pengait itu dengan cara di blower atau dipanaskan dulu baru mampu tanggal.
  9. Setelah baterai terlepas, silahkan pasang baterai yang baru serta Blower lagi buat menempelkan.
  10. Selanjutnya kemasan baterai yang sudah diganti tadi menggunakan isolasi hitam dan rapikan.
  11. Setelah baterai terbungkus rapi, selanjutnya colokan pulang pada slot baterai CMOS dalam laptop. Tutup pulang body laptop kamu, dan nyalakan misalnya biasa.
  12. Untuk mengecek baterai berfungsi atau nir silahkan engkau cek saat serta  almanak yang telah di atur lagi. Apakah pulang ke waktu yang lama atau waktunya berlanjut, selesainya laptop kamu dimatikan beberapa waktu.
Artikel Terkait :
Demikian ulasan Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop Dengan Mudah. Untuk merk laptop Asus, Lenovo, Samsung, Thosiba dan lainnya sama hanya letak baterai CMOS saja yang beda. Jadi kamu tinggal mengotak atik sendiri. Atau silahkan hubungi kami lewat fanpage facebook kami untuk bertanya-tanya.
[Tested] Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop Dengan Mudah Terbaru 2019Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop - Baterai CMOS (Complementary metal–oxide–semiconductor) acapkali disebut CMOS RAM atau hanya CMOS meru...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats