Bagaimana Caranya Agar Saya Bisa Menjadi Programmer Hebat?

Bagaimana Caranya Agar Saya Bisa Menjadi Programmer Hebat?
Bagaimana Caranya Agar Saya Bisa Menjadi Programmer Hebat? - Mendapatkan predikat sebagai seorang programmer bukanlah perkara gampang, meskipun buat menerima predikat tersebut tak wajib melalui upacara khusus pemberian gelar tapi mengklaim diri sebagai seorang programmer wajib diikuti bersama bukti kemampuan membuat sebuah program aplikasi. Kamu tak akan dapat menjadi programmer hebat kecuali beserta melalui proses yang panjang dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Semakin lama pengalamanmu memprogram, semakin tinggi kemampuanmu.

Perkembangan dunia teknologi yg sangat cepat menuntut seseorang programmer buat sanggup belajar cepat pula. Bertumbuh atau meninggal, walau programmer tidak dapat dipisahkan bersama teknologi, akan tapi jika seseorang programmer tak sanggup mengikuti perkembangan teknologi akan tergerus oleh teknologi itu sendiri. Sebagai programmer Kamu wajib menyukai proses belajar.


Berikut beberapa saran yg bisa kami bagikan agar dapat menjadi seorang programmer yang hebat
  • Tanamkan pada diri Kamu buat lebih banyak belajar. Langkah pertama dalam menyelidiki sesuatu adalah dengan menyadari bahwa Kamu tidak mengetahuinya. Kebanyakan orang terlalu cepat berpuas diri bersama hasil pembelajaran yg mereka lakukan, serta menjamin diri lebih tahu daripada yang lain. Hal ini akan menimbulkan sekat buat belajar hal-hal baru yang dibagikan orang lain baik secara langsung maupun tak.
  • Berhentilah buat menganggap diri paling benar . Untuk menjadi hebat Kamu wajib belajar dari pengalaman. Pengalaman bisa mengajari kita buat tak mengulagi sikap jelek serta kebiasaan buruk . Maka setiap proses yg kita lalui harus diikuti bersama pertanyaan, "Bagaimana aku bisa lebih baik dari sebelumnya ?". Programmer pemula biasaya melihat kode program mereka untuk mengagumi kehebatannya. Berpuas diri dengan yang akan terjadi yang sudah dicapai menjadikannya luput buat mencari kesalahan dari program yg sudah dibentuk, sehingga merasa diri bahwa programnya telah sempurna. Padahal programmer yg betul-betul hebat, secara aktif mencari dimana letak kesalahannya lantaran mereka tahu bahwa dalam akhirnya pengguna akan menemukan kekurangan yg mereka lewatkan.
  • "Program Kamu bekerja", bukan berarti Kamu wajib berhenti. Akan tetapi disitulah Kamu baru memulai: Langkah pertama yg wajib Kamu lakukan adalah dengan selalu menanamkan pada diri sendiri buat selalu menulis program yg berkualitas yg memenui spesifikasi. Rata-rata programmer berhenti saat programnya telah berjalan serta beralih ke hal lainnya. Programmer yg berpuas diri hanya karena programnya "sanggup berjalan", seperti mengambil snapshot dan mengharapkannya menjadi sebuah karya seni. Programmer hebat tahu, bahwa programnya telah berjalan dengan baik, tapi dia juga sadar buat membuatnya jadi lebih baik lagi. Aspek "lebih baik" bisa ditinjau dari banyak sekali hal, seperti: menjadikannya lebih cepat, terlalu gampang dibaca, memiliki dokumentasi yg rapi, bisa dipakai pulang, mudah dikembangkan, dan lain-lain.
  • Baca kode anda, dan Baca lebih banyak kode orang lain: Hal yg penting buat Kamu lakukan ketika menuliskan kode program adalah dengan banyak membacanya balik dan sering kali membaca kode program milik orang lain. Sebab pada waktu Kamu membaca kode orang lain, Kamu akan melihat bagaimana orang lain memecahkan masalah pemrograman. Sehingga dapat Kamu jadikan referensi pembelajaran sekaligus tantangan untuk menjadi lebih baik.
  • Jadikan sebuah kesenangan pada menulis kode program, bukan hanya sebagai sebuah kewajiban yang harus ditunaikan.
  • Belajar teknik, bukan tools: Bahasa pemrograman, tools dan metodologi tiba silih berganti sesuai perkembangan. Itulah sebabnya Kamu wajib belajar dasar-dasar pemrograman, karena dasar pemrograman cenderung tak berubah. Jika Kamu merasa yakin bahwa hanya ada satu cara yg betul untuk menggunakan sesuatu, mungkin ini saatnya buat Kamu mulai belajar hal baru.
Bagaimana Caranya Agar Saya Bisa Menjadi Programmer Hebat? Bagaimana Caranya Agar Saya Bisa Menjadi Programmer Hebat? - Mendapatkan predikat sebagai seorang programmer bukanlah perkara gampang, ...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats